Info dari PakDHE Abbas

Home » Masyarakat Umum » DPR Stop Studi Banding ke Luar Negeri

DPR Stop Studi Banding ke Luar Negeri

Advertisements

JAKARTA– Lima pimpinan DPR telah menandatangani surat kesepakatan dilaksanakannya moratorium atau penghentian sementara kunjungan kerja dan studi banding ke luar negeri. Surat moratorium ini telah diedarkan ke seluruh komisi dan fraksi.

“Ini bentuk respons kami atas kritik publik yang sangat keras tentang kegiatan studi banding anggota DPR ke luar negeri,” kata Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDIP Pramono Anung di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Menurut dia, surat moratorium tersebut diteken Ketua DPR Marzuki Alie dan empat Wakil Ketua DPR,yakni Anis Matta (PKS), Priyo Budi Santoso (Golkar),Taufik Kurniawan (PAN), dan dirinya pada Senin (30/5).

Pramono tidak menyebutkan hingga kapan moratorium ini berlaku. Yang jelas, pimpinan DPR akan tetap mengizinkan kunjungan anggota Dewan ke luar negeri hanya yang berkaitan dengan agenda Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP), kunjungan muhibah, dan Grup Kerja Sama Parlemen (GKSP).

Dia juga mengatakan, pimpinan DPR sedang menunggu laporan dari semua komisi dan alat kelengkapan DPR yang pada masa reses lalu gencar terbang ke luar negeri dengan alasan studi banding. “Belum tentu juga semua kegiatan yang kemarin itu efektif, ”ujarnya. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menambahkan, jika pimpinan DPR tidak berinisiatif melakukan moratorium kunjungan kerja ke mancanegara, sorotan publik terhadap Dewan akan kian negatif.

Secara objektif, kata Priyo, publik kurang bisa memahami urgensi studi banding ke luar negeri. Selain terkait dengan kerja sama dan diplomasi, kunjungan kerja yang masih diperbolehkan adalah yang dilakukan Komisi I DPR. Itu karena komisi ini bermitra dengan Kementerian Luar Negeri dan berkoordinasi dengan para duta besar Indonesia di luar negeri.

Meski begitu,pimpinan DPR akan tetap menyeleksi proposalnya secara ketat. “Kami berharap masyarakat melihat iktikad baik untuk melakukan pembenahan internal ini demi penguatan kelembagaan dan pengefektifan kinerja DPR,”kata Priyo. Pakar komunikasi politik Yudi Latif mengatakan, kritik publik atas rangkaian kunjungan kerja DPR ke mancanegara secara substansi bukan menolak atau melarang.

Kritik itu,kata dia,merupakan dorongan kepada DPR agar benar-benar memperhitungkan dan mengukur semua agenda serta kebijakannya. “Jadi itu yang seharusnya ditangkap oleh DPR. Moratorium studi banding jangan hanya karena merespons kritik publik.Tapi benar-benar dipertimbangkan urgensinya,” tegasYudi.

Legislator Bermasalah

Ini juga terkait sorotan tajam publik terhadap DPR.Dua anggota DPR yang terjerat kasus hukum, yakni M Misbakhun (Fraksi PKS) dan Dudhie Makmun Murod (Fraksi PDIP), akhirnya mengundurkan diri sebagai wakil rakyat. Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Nudirman Munir mengungkapkan, dengan pengunduran diri ini,BK tidak akan lagi memproses sanksi terhadap keduanya.

“Surat pengunduran diri saudara Misbakhun sudah kami terima berbarengan dengan surat dari Arifinto yang juga memutuskan mundur,” kata Nudirman di Gedung DPR Jakarta kemarin.Arifinto adalah wakil rakyat dari Fraksi PKS yang tepergok membuka file video porno saat mengikuti rapat paripurna DPR awal April lalu. Adapun surat pengunduran diri Dudhie, kata Nudirman, masih dalam proses di fraksinya.

Karena mundur, bukan diberhentikan, Misbakhun, Arifinto, dan Dudhie tetap mendapat hak dana pensiun. Di tempat terpisah,anggota Dewan Kehormatan dan Pembina DPP Partai Demokrat EE Mangindaan meminta semua pihak tidak mengganggu mantan Bendahara Umum Demokrat M Nazaruddin yang mengaku sedang sakit di Singapura. Nazaruddin tersangkut kasus dugaan suap pembangunan wisma atlet SEA Games 2011.

“Kita hormatilah beliau sebagai manusia yang sedang sakit,” tutur Mangindaan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta,kemarin. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut menegaskan, tim Partai Demokrat memang telah mengonfirmasi langsung bahwa Nazaruddin benar-benar sakit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: